Bedah Iklan Listerine - Tantangan #21hariupgradediri, Joe Taslim
Tugas
4 Softskill Komunikasi Bisnis Bedah Iklan
Nama:
Sukini Nihardja
NPM:
1A214499
Kelas:
4EA12
Tema
Iklan: LISTERINE - Tantangan #21hariUpgradeDiri, Joe Taslim 2017.
Alasan
memilih iklan:
Menarik. Mudah
Dimengerti. Membuat konsumen tertarik membeli produk dengan cara memberi
tantangan. Memiliki pesan yang dapat dimengerti konsumen. Joe Taslimnya ganteng
:p
Isi/Materi
iklan
Didalam iklan ini Joe taslim menantang
beberapa pemeran penting pelayanan masyarakat, dimana mereka ini setiap harinya
bertatap muka langsung kepada konsumennya seperti, pramugari, teller bank,
costumer service, pramuniaga dls yang setiap harinya pula wajib menampilkan
senyum terbaik mereka kepada konsumennya. Senyum terbaik dari gigi yang
sehat,bersih, putih dan tanpa karang gigi akan membuat para pekerja ini semakin
percaya diri. Maka disini Joe Taslim memberi tantangan 21 hari mengunakan produk
Listerine agar para pelayan masyarakan ini semakin percaya diri dalam melakukan
pekerjaannya.
Sudut
Pandang Komunikasi Bisnis
Dalam iklan ini kita
dapat melihat sudut pandang komunikasi bisnis dengan memberi tantangan 21 hari
mengunakan listerine kepada konsumen maka konsumen akan membeli produk Listerine
ini untuk jangka waktu pemakaian 21 hari
kedepannya secara rutin untuk hasil yang optimal atau setidaknya tampak
perubahan sebelum dan sesudah penggunaan.
Cara ini cukup menarik
dalam memperkenalkan produk Listerine kepada masyarakat apalagi kegunaan produk
ini tidak dapat dirasakan hanya dalam satu kali pemakian saja, jadi dengan
diadakan iklan dengan mengunakan model tantangan 21 hari ini diharapkan para
konsumen dapat rutin mengunakan Listerine dan merasakan efek dari pengunaan
produk.
Listerine adalah salah
satu obat kumur yang merupakan produk dari Pt. Unilever. Listerine Mouthwash
memiliki kurang lebih 8 varian dengan manfaat yang berbeda beda. Manfaat Listerine
sendiri adalah untuk membuat nafas segar, menjaga kesehatan gusi, merawat
kesehatan gigi dan gusi, serta mengurangi plak pada gigi. Karena sikat gigi
saja tidak ternyata tidak cukup untuk menjaga kesehatan mulut, maka setelah
sikat gigi kita dianjurkan memakai obat kumur yaitu Listerine Mouthwash ini.
Etika
bisnis
Menurut Hill and Jones Etika
bisnis merupakan suatu ajaran untuk membedakan antara salah dan benar. Di mana
hal tersebut dapat memberikan pembekalan kepada setiap pemimpin perusahaan
ketika mempertimbangkan untuk mengambil keputusan strategis yang terkait dengan
masalah moral yang kompleks. Sedangkan Tujuan dari etika bisnis itu sendiri
adalah untuk mendorong kesadaran moral dan memberikan batasan-batasan bagi para
pengusaha atau pelaku bisnis untuk menjalankan good business dan tidak
melakukan monkey business atau dirty business. Di mana, hal itu dapat merugikan
banyak pihak yang terkait. Dengan etika bisnis, para pelaku bisnis memiliki
aturan yang dapat mengarahkan mereka dalam mewujudkan citra dan manajemen
bisnis yang baik, sehingga dapat diikuti oleh semua orang yang memercayai bahwa
bisnis tersebut memiliki etika yang baik. Memiliki etika bisnis juga dapat
menghindari citra buruk seperti penipuan, serta cara kotor dan licik. Bisnis
yang memiliki etika baik biasanya tidak akan pernah merugikan bisnis lain,
tidak melanggar aturan hukum yang berlaku, tidak membuat suasana yang tidak
kondusif pada saingan bisnisnya, dan memiliki izin usaha yang sah.
Dalam iklan Listerine
Mounthwash ini PT.Uniliver sudah cukup memenuhi etika bisnis yang ada. Karena dapat
kita lihat sendiri iklan ini begitu bagus tanpa menyindir saingan produknya.
Bahkan dalam iklan ini perusahaan memberi contoh langsung beberapa target
pasarnya, yaitu para pihak yang berhubungan langsung dengan masyarakat yang
harus menampilkan penampilan terbaiknya setiap saat. Dan jika gigi dan mulut mereka selalu sehat maka
jelas akan menambah kepercayaan diri dan performa kerjanya dengan selalu
memberikan senyum terbaik mereka.
Sumber:
Comments
Post a Comment